Tempat Terpanas di Dunia

Gurun Sonora merupakan tempat terpanas di dunia. Gurun Sonora terletak di Taman Monumen Nasional Organ Pipe Cactus, perbatasan negara bagian Sonora, Meksiko, dengan Arizona Amerika Serikat. Pada musim dingin, rata-rata suhu udara siang hari 50-60 derajat Celcius, sedangkan malam hari 30-40 derajat Celcius. Pada musim panas, suhu siang hari lebih dari 100 derajat Celcius, dan 70-80 derajat Celcius pada malam hari. Dalam kondisi sangat ekstrem, suhu bisa mencapai 470 derajat Celcius. Matahari menyinari sepenuhnya kawasan ini di siang hari, dengan intensitas sangat kuat. Banyak satwa dan tumbuhan endemik yang hanya tumbuh di kawasan ini dan menarik minat kunjungan turis. Diantaranya jenis kaktus, seperti organ pipe cactus, yang dijadikan maskot dan nama kawasan itu, serta kaktus saguaro raksasa yang indah.

organ pipe cactus
Monumen Nasional Organ Pipe Cactus
Kadal beracun "monster gila" juga hanya hidup di sini. Meskipun berbahaya, hewan itu tak akan menggigit jika tidak diganggu. Burung hantu terkecil di dunia, Sonoran Pronghorns, yang hidup dengan kemampuannya mengembangkan sensor paranoid, pun bisa ditemukan disini. Burung ini mampu mendengar suara-suara yang berjarak 2 mil dari posisinya, dan segera melakukan respons defensif, seperti sembunyi di balik-balik kaktus. Sayang, burung unik ini kini tinggal beberapa gelintir. Juga ditemukan kanguru dan javelina khas setempat. Turis biasanya mendirikan tenda di area kawasan untuk merasakan lingkungannya yang ekstrem.

gurun sonora
Gurun Sonora dengan kaktus endemiknya

Seseorang yang berusaha untuk memberikan informasi apa aja yang bisa diberikan. Menceritakan sesuatu pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi orang lain

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »